Monday 27 August 2018

Kulineran Hemat & Gratis Dengan Aplikasi Foodyid


Seorang foodies sudah pasti memiliki hobi makan atau kulineran. Bagi seorang foodies, kulineran bukan hanya sekedar mengisi perut, tetapi juga dijadikan sebagai suatu pengalaman yang berharga. bahkan sebelum makan, biasanya para foodies akan lebih dulu mengambil foto makanan bukannya berdoa dulu hahahaha.

Nah tetapi hobby kulineran ini tentu cukup menguras uang, apalagi jika kita para foodies makan di restoran - restoran yang mahal. Dan juga, kondisi keuangan yang mulai menipis juga menghambat kita para foodies untuk kulineran. Sayapun juga sering gagal kulineran karena dompet yang udah mulai kering kosing. Untungnya, sejak ada aplikasi foodyid, saya jadi bisa kulineran lebih sering dan lebih hemat dari biasanya. Nahh kali ini saya akan membagikan salah satu tips kulineran yang hemat dengan aplikasi foodyid.

Image result for foody id

Sebelumnya, apa sih foodyid itu? Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu apa itu foodyid. Yup, foodyid adalah salah satu aplikasi android dan komputer yang digunakan untuk mereview atau menceritakan pengalaman kita makan di restoran. Aplikasi restaurant review ini mirip dengan Zomato, Pergikuliner, Openrice, Yelp, dll. 

Diantara semua aplikasi restaurant yang tadi, saya paling suka menggunakan aplikasi foodyid. Karena dengan setiap mereview restauran dan posting foto di aplikasi ini, kita akan mendapatkan point. Selain itu yang saya suka dari aplikasi ini adalah jangkauannya yang luas. Biasanya aplikasi seperti zomato atau pergi kuliner hanya menjangkau 2 kota selain Jabodetabek. Nahh kalau foodyid ini, mereka sudah menjangkau kota-kota lain seperti Semarang, Yogyakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, hingga Bali. Apikasi ini juga menyediakan voucher makanan setiap bulannya.

Untuk 1 review kita akan mendapatkan 1 hingga 4 point, Sedangkan untuk posting 1 foto akan mendapatkan 1 point. 1 point di sini senilai dengan Rp 1.000 rupiah. Saya sudah menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2015. Saya sudah mereview ratusan restaurant dengan ribuan foto di aplikasi ini, sehingga point yang saya dapatkan sudah lebih dari 1000 point atau senilai 1 juta. Nah point - point yang saya dapatkan ini, bisa ditukar dengan voucher restaurant. Voucher yang di keluarkan foodyid biasanya senilai 30 hingga 100 point. Dengan membeli voucher ini kita bisa makan hemat bahkan gratis di restoran - restoran. Sayangnya, selama ini voucher yang dikeluarkan hanya untuk restaurant di Jabodetabek. Tapi semoga nantinya akan ada voucher untuk di domisili lainnya.

Bagi kalian yang ingin bisa makan hemat terus dengan voucher seperti saya, kalian bisa download aplikasi foodyid di playstore kalian. Setelah itu ceritakan pengalaman kalian selama makan di restaurant.

Kali ini saya akan memberi tahu bagaimana cara untuk menukar voucher di foodyid.

Pertama buka aplikasi foodyid di android kalian. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini.
layar utama foodyid
Pilih voucher untuk melihat voucher (bag. yg dilingkari)

Di layar pertama akan muncul pilihan search, jelajah, dan voucher. Maka pilih voucher.

layar pilihan voucher
sumber: apkpure.com

Di layar voucher akan muncul informasi jumlah point kalian dan pilihan voucher yang bisa kalian tukar. Pilih voucher yang kalian inginkan. Kalian bisa menukar voucher dengan jumlah berapapun, tergantung jumlah poin kalian. Semakin banyak point kalian, makan kalian bisa lebih banyak menukar voucher.

Keterangan voucher sebelum penukaran

Setelah memilih voucher maka akan muncul keterangan nilai voucher yang dibutuhkan untuk ditukar dengan point, dan tanggal berlaku. Di sini juga perlu diperhatikan masa berlaku voucher yang akan kalian beli. Dan perlu diingat juga, voucher yang sudah dibeli dengan point tidak dapat dikembalikan lagi. Jika sudah melihat detail keterangan vouchernya, kalian bisa menekan layar beli voucher.

 
Gambar voucher yang sudah dibeli

Setelah itu pilih membeli voucher dengan point, maka kalian bisa langsung menggunakannya di restaurant dimana voucher tersebut bisa ditukar. 

Oh iya, kalau voucher yang kalian pilih ada "E Voucher", maka bisa langsung digunakan di restaurant. Sedangkan kalau voucher yang ditukar adalah "Physical Voucher", maka kalian perlu mengirim email ke Foodyid supaya voucher fisiknya dikirim ke rumah kalian. Caranya cukup mudah kok, kalian hanya perlu membuka email lalu tulis pesan isinya nama, alamat rumah, telepon dan voucher apa saja yang kalian tukar. kirim email kalian ke jakarta@foody.id. Setelah itu tunggu, vouchernya sampai ke rumah kalian.


Contoh fisik voucher yang sudah diantar

Bagaimana??? cukup mudah kan cara kulineran hemat dengan aplikasi foodyid. Sebenarnya ada banyak cara supaya kita sebagai foodyid bisa makan hemat atau gratis. Tapi yang saya bagikan di sini hanyalah salah satu caranya. 

Semoga bermanfaat!!!!

No comments:

Post a Comment