Friday 20 April 2018

Jalan Yuk Ke Museum Angkut Malang (Museum Terkeren Di Indonesia)


Hellooo sahabat archiexfood! Gimana kabar kalian??? Kali ini saya mau ngeshare pengalaman traveling saya ke museum angkut di Batu, Malang. Museum Angkut tentu sudah menjadi objek wisata yang paling terkenal di Profinsi Jawa Timur. Museum angkut ini merupakan tempat wisata yang berada di bawah naungan Jawa Timur Park Grup dan didirikan pada tahun 2014.


Akses menuju ke Museum Angkut ini cukup mudah, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau kendaraan umum. Dan saya untuk menuju ke museum angkut ini menggunakan grab car dari Universitas Brawijaya, dengan biaya sekitar 45ribu. Perjalanan dari Brawijaya ke Museum Angkut sekitar 45menit jika lancar. Selain menggunakan grabcar, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Kalau kalian ingin menggunakan angkutan umu, kalian bisa menaiki, angkot jurusan Arjosari - Lindungsari (AL). Setelah sampai di Landungsari kita transit ke angkot jurusan Landungsari - Batu (BL).

Setelah beberapa menit perjalanan, saya sampai di Museum Angkut sekitar pukul 16.00. Untuk masuk ke museum angkut adalah 70ribu rupiah. Tapi karena saya ke sana saat hari weekend, maka saya dikenakan harga 100ribu.

ZONA HALL






Setelah mebayar tiket, kita akan masuk ke area pertama. Area pertama berupa hall besar dengan display mobil2 dan motor2 antik. Di area ini terdapat motor dan mobil2 antik seperti vespa yang dibuat tahun 1950 hingga roll royce yang dibuat tahun 1973. Area ini cocok banget buat foto2 dan juga selfie. Tapi ingat yaaa, sebelum foto2 kita harus perhatikan beberapa display, ada yang boleh di sentuh dan ada yang tidak boleh disentuh sama sekali.

ZONA AREA GABARATA

Setelah puas di Zona pertama, saya lanjut ke area yang berikutnya. Area yang berikutnya adalah area kapal dan perahu. Di area ini tempatnya juga tak kalah keren dari zona yang pertama. Di zona ini terdapat miniatur2 kapal kuno seperti kapal bajak laut, kapal dagang bangsa spanyol hingga miniatur kapal titanic. Display2 yang dipajang sini keren2 banget, pembuatannya terlihat detail dan mirip dengan yang aslinya.



Dari Kapal Dan Perahu, saya berlanjut ke area replika kendaraan. Di sini display2 mirip dengan area yang pertama. DIsplaynya berupa mobil2 panjang, tapi tempatnya juga kece kok. Cocok juga buat foto2 atau selfie. 

ZONA BATAVIA & ZONA PECINAN



Dari zona area gabarata, saya beranjak ke Zona Batavia. Zona Batavia ini berhubungan langsung dengan Zona Pecinan. Di zona ini terdapat bangunan mirip seperti gedung Stasiun Kota Jakarta dan Bangunan2 bergaya oriental. Di sini juga terdapat display2 kendaraan angkut seperti becak, sepeda antik dan gerobak. Zona ini tempatnya keren banget kalau malam hari. Kalau malam hari terdapat lampion2 yang menggantung di antara bangunan.

ZONA AMERICA






Setelah puas berfoto2 di Zona Batavia dan Zona Pecinan, saya beranjak ke Zona Amerika. Di zona ini, display kendaraannya tidak terlalu banyak. Tetapi suasana dan eksterior di zona ini keren banget. Mirip seperti tempat syuting di film hollywood. Bangunan2 di sini juga keren2 dengan hiasan lampu neon warna warni yang bikin suasana malam jadi meriah banget. di sini display kendaraannya gak sebanyak di zona sebelumnya. Di sini ada display mobil buick tahun 1950an, mobil ford classic tahun 196, dll. Di zona ini saya meluangkan waktu cukup lama untuk foto2, karena tempatnya keren banget.

ZONA EROPA



Zona berikutnya setelah Zona America adalah Zona Eropa. Di zona ini interiornya juga keren banget dan instagenic, dengan konsep city walk ala Kota Paris dan Kota Italia. Di tempat ini juga ada replika menara eiffel yang keren banget dengan hiasan lampu neon. Di zona ini terdapat display mobil fiat, dan mobil2 produk eropa classic lainnya.

ZONA INGGRIS





Setelah menjelajahi zona eropa, saya beranjak ke Zona Inggris. Nahh ini dia zona yang paling keren buat saya. Di zona ini terdapat bangunan yang mirip banget dengan Istana Buckingham. Saking kerennya, tempat ini penuh banget sama pengunjung yang berfoto2. Spot foto terkeren di sini adalah di depan fountain yang posisinya persis di depan bangunan Buckingham Palace. Setelah berfoto di depan fountain, saya masuk ke dalam istana. Di dalam Istana Buckingham terdapat display2 mobil classic buatan Inggris seperti ACA, Jaguar, dll. Di dalam sini juga ada patung Ratu Elizabeth yang sedang duduk. Kita bisa befoto dengan patung Ratu Elizabeth dengan duduk di kursi kosong sebelahnya.

ZONA HOLLYWOOD


Zona yang terakhir adalah Zona Hollywood. Zona ini juga cukup keren loh. Yang paling menarik perhatian adalah display mobil Hummer yang super panjang. Selain display mobil hummer, di sini juga ada display mobil2 yang dipakai di film James Bond yaitu mobil Aston Martin dari yang classic hingga modern. Di zona ini juga ada fasilitas rekreasi seperti mini simulator. Untuk menaiki mini simulator ini, kita akan dikenakan biaya sebesar 20ribu.

FLOATING MARKET

Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 8 malam. Tapi saya sudah sangat puas setelah menelusuri semua zona di Museum Angkut yang keren ini. Setelah keluar dari Zona Terakhir, kita akan masuk ke tempat yang mirip dengan floating market di lembang. Tempat ini merupakan tempat menjual aneka makanan dan oleh. Tapi sayangnya karena duit saya terbatas, maka saya memutuskan untuk langsung keluar museum dan memilih untuk makan di Alun-alun Kota Batu. 

Haahhhhh.... senangnya mengunjungi museum ini. Walaupun harga tiketnya cukup mahala, tapi museum ini wajib banget kalian kunjungi kalau sedang berwisata ke Kota Batu/Malang.


4 comments:

  1. pulang dr museum angkut ke hotel ada grabcar lagi gak?

    ReplyDelete
  2. Keren banget tempatnya, mobil2 klasik dan tua.

    rizalbackpack.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess! display mobil2nya sangat instagramable :)

      Delete