Sunday 17 September 2017

Menikmati Pesona Pantai Molang, Wisata Pantai di Tulungagung Yang Spektakuler

Pantai Molang

Halooo sahabat Archiexfood, gimana kabar kalian??? Kali ini saya mau ngeshare pengalaman saya di Pantai Molang sewaktu lebaran kemarin. Pantai Molang ini terletak di selatan Kabupaten Tulungagung. Pantain ini cukup indah, pasirnya halus dan ombaknya spektakuler. Pingin tau cerita lengkapnya?? Yuk simak terus....

Tulungagung memiliki banyak sekali ojek wisata. Salah satu objek wisata yang paling digemari di Tulungagung adalah wisata pantainya, tapi letaknya cukup jauh di selatan kota. Kabupaten Tulungagung memiliki banyak sekali pantai seperti pantai Panti Pasir Putih, Pantai Prigi, Pantai Popoh, dll. Ketiga pantai tersebut sudah saya kunjungi dulu sewaktu masih kecil. Dan ketiga pantai tersebut memang cukup spektakuler. Dan pada saat libur lebaran kemarin, saya bersama saudara sepupu saya, Radjha Nugraha a.k.a Arief dan kakak saya Mas Aldy berniat untuk mengunjungi salah satu pantai di Kabupaten Tulungagung. 

AND THE JOURNEY BEGINS

Awalnya kami berniat untuk mengunjungi Pantai Sine dan langsung meuju ke arah selatan Kabupaten Tulungagung. Perjalanan menuju ke Pantai Sine memakan waktu sekitar 1,5 jam, dan kami berangkat dari Tulungagung pukul 08.00. Medan perjalanan yang kami lalui tidak terlalu mulus, tetapi tidak terlalu berat juga. Jalan yang kami lalui sudah diaspal secara halus, hanya saja agak berkelak - kelok, naik turun, bahkan di beberapa titik tikungan harus berjalan agak pelan untuk memberi ruang mobil yang melawan arus. Setelah sampai di Pantai Sine, ternyata tempatnya tidak seperti yang dibayangkan. Yang saya bayangkan pantainya memiliki pasir putih yang halus, landai dan airnya jernih. Tapi kenyataannya adalah pasirnya curam berwarna abu - abu, ombaknya kurang spektakuler, banyak perahu yang mendarat dan secara keseluruhan kurang leluasa untuk bermain air. Padahal pantai ini sudah memiliki fasilitas yang memadai. Akhirnya setelah berunding singkat, kami berjalan lagi meninggalkan pantai sine dan mencoba ke Pantai Kadung Tumpang.

Untuk menuju ke Pantai Kadung Tumpang, kami harus kembali ke Jalan Raya Tanggunggunung dan menuju ke pertigaan Desa Panggungkalak. Perjalanan dan infrastukturnya masih bagus dan mulus hingga kita tiba di pertiggaan Desa Pucang Laban. Dari pertigaan ini jalan yang kami lalui mulai sedikit kasar, infrastruktur di sini masih perlu pembenahan oleh pihak setempat. Setelah terus melaju ke arah selatan, kami menemui pertigaan lagi. Pertigaan kali ini merupakan gerbang menuju pantai. JIka mengambil jalan ke kanan, kita akan menuju Pantai Kadung Tumpang, dan jika mengambil jalan ke kiri, maka kita akan menuju Pantai Molang Dan lumbung. Jalan menuju Pantai Kadung Tumpang tidak bisa dilalui mobil, sehingga kami harus menumpang ojek dengan cost sekitar 20ribu. Kami agak kecewa dengan harga tumpangan ojeknya, karena kami berlima maka harus membayar total 100 ribu, waduhh. Yasudah, akhirnya kami memilih ke pantai molang saja yang gratis dan bisa dilalui mobil.

Perjalanan menuju Pantai Molang ternyata lebih berat dari yang dibayangkan. Medan perjalanannya menanjak dan turun tajam. Jalanannya juga agak berbatuan. Menurut saya, pemerintah setempat perlu membenahi infrastruktur daerah ini, karena memiliki potensi pariwisata yang luar biasa.

TIBA DI PANTAI MOLANG


Setelah melalui medan perjalanan yang berat, akhirnya kami bisa melihat pantai dari atas tebing. Pemandangannya begitu spektakuler sehingga kami berhenti beberapa menit hanya untuk mengambil gambar. Setelah puas mengambil gambar, perjalanan kami lanjutkan menuju Pantai Molang, dan Akhirnya kami tiba di Pantai Molang. Waktu perjalanan dari pertigaan Tanggunggulung - Panggungkalak memakan waktu sekitar 1 jam. Cukup lama, karena infrastrukturnya yang kurang bagus.

Sebelum turun dari mobil, saya menggunakan sunblock dulu, supaya kulit tidak melepuh. Pantai Molang ini seperti belum dijamah oleh investor pemda atau swasta. Pantai ini tidak ada bangunan sama sekali, hanya 1 gubuk dari bambu. Bahkan di sini toiletpun tidak ada. Dan pengunjungnyapun hanya sekitar 9 orang termasuk kami berlima.


Spot muara sungai Photo by me


Pantainya bagus & sepiii, tapi ombaknya ganassss pboto by @RadjhaNugraha


Pemandangan pantai di sini cukup spektakuler, dengan ombak yang tinggi, pasir putih halus yang landai, airnya yang lumayan jernih dan dekat dengan muara sungai yang merupakan perbatasan Kabupaten Blitar Tulungagung. Saya sangat menikmati pantai ini walaupun tidak memungkinkan untuk berenang karena ombaknya. Tapi saya masih bisa berbaring di muara sungai yang sangaatt jernih. Dan bermain air di muara sungai ini cukup aman, karena airnya dangkal. Muara sungai ini juga aman dari ombak, karena ada karang yang menghalangi. Sebenarnya pantai ini cukup potensial untuk menjadi objek wisata unggulan. Padahal pantai ini memiliki pesona yang begitu menawan. Yang dibutuhkan untuk pantai adalah infrastruktur yang bagus dan memadai, sehingga pengelolaan akan lancar dan wisatawan akan mudah mendatangi pantai ini.


I Love This Spot :) photo by @RadjhaNugraha

Si Mas Aldy juga suka di spot muara ini photo by @RadjhaNugraha

Dek Arief photo by @RadjhaNugraha

Pantai seperti milik saya sendiri :)photo by @RadjhaNugraha

Takut di gulung Ombak, jadi mereka rangkulan deh heheheh Photo by @RadjhaNugraha

Sudah 1 jam kami menghabiskan waktu di sini. Tentu saja kami tidak akan melupakan saat - saat untuk berfoto dan mengabadikan moment di sini. Di pantai yang sepi ini, kami sangat leluasa untuk berfoto - foto tanpa mengganggu orang lain. Saya sih inginnya berfoto di atas karang dekat muara, tapi sepertinya kurang memungkinkan karena ada ombak yang menghantam kencang di karang.

Setelah puas bermain di pantai selama 2 jam, kami bergegas untuk kembali ke Tulungagung. Karena saat itu waktu menunjukan pukul 01.00 siang, kami mencari restoran untuk makan siang di daerah Ngunut, Tulungagung. Untuk perjalanan menuju Ngunut, kami mencari jalan menggunakan GPS dan mendapatkan rute jalan melalui Jalan Puncanglaban - Ngunut. Sebelum berangkat, tentunya saya bersyukur, karena bisa bersenang - senang di pantai yang indah ini. Perjalanan berangkat kami yang berat terbayar lebih setelah sampai di sini. Sampai jumpa lagi Pantai Molang, semoga saat saya kembali nanti pantai ini sudah berkembang.

No comments:

Post a Comment