Thursday 16 August 2018

Pantai Gatra Kabupaten Malang, Salah Satu Destinasi Wisata Pantai Malang

Bulan Ramadhan dalah bulan terfavorit untuk saya. Dan libur lebaran adalah libur yang paling istimewa bagi saya. Karena saat lebaran, saya bisa berkunjung ke rumah saudara yang tersebar di Jawa/ Dan tentunya, saat lebaran pasti kita tidak melewatkan kesempatan untuk bersenang - senang ke Tempat Wisata. Dan setiap lebaran, saya besarama ayah, ibu, dan kakak, berkunjung ke rumah nenek saya di Malang selama bebrapa minggu. Dan selama beberapa Minggu itu, saya selalu berniat untuk mengexplore Kabupaten Malang dan mencari tempat2 yang keren. Nahh salah satu tempat terkeren yang baru saya kungjungi adalah Pantai Gatra.
Beberapa dari kalian mungkin mungkin belum pernah mendengar tentang Pantai ini. Pantai ini letaknya ada di selatan Kabupaten Malang. Pantai Gatra ini bersebelahan dengan pantai Teluk Asmoro, Pantai Savanna dan Pantai 3 Warna. Pantai ini juga berada di dalam kawasan CMC( Clungkup Mangrove Conservation). Jarak pantai ini dari Kota malang cukup jauh, yaitu sekitar 70 km. Untuk menuju ke pantai ini, lebih baik kita menggunakan kendaraan pribadi, dan perjalanan ke pantai ini jika lancar akan memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam.

PERJALANAN MENUJU PANTAI

Untuk menuju Pantai ini, saya bersama kakak saya menggunakan motor. Perjalanan menuju Pantai Gatra dari Kota Malang, saya melewati Kota Kepanjen, lalu terus ke arah selatan ke arah Pantai Bale Kambang. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 3 jam dengan arus lalu lintas relatif ramai. Walaupun menggunakan motor cukup fleksibel dan menyenangkan, tetapi bagi saya untuk perjalanan sejauh 50km lebih paling nyaman menggunakan mobil. Karena berlama - lama duduk di motor rasa pegel banget, sesekali saya dan kakak saya berhenti di SPBU untuk meregangkan kaki yang pegal.

Kondisi jalan menuju pantai selatan Kabupaten Malang cukup mulus, hampir tidak ada lubang sedikitpun. Bahkan dengan jalur hutan berbukit, hp saya masih memiliki sinyal 4g. Berbeda ketika di jalan menuju Pantai Selatan Kabupaten Tulungagung/Blitar, dimana jalannya rusak parah, banyak lubang, rawan kecelakaan, padahal jalannya dilalui truk - truk yang besar.

Setelah perjalanan selama 3 jam, akhirnya saya sampai di kawasan Pantai Selatan Bale Kambang Malang. Setelah memasuki kawasan pantai Bale Kambang, kami menemui perempatan yang ke arah Gerbang BaleKambang dan ke arah Sendang Biru. Maka kami mengambil jalan ke arah Sendang Biru. Jarak antara Gerbang Bale Kambang menuju pantai Gatra sekitar 15km. Dan tak disangka kalau kawasan pantai selatan ini memiliki jalan raya yang besar beraspal dan mulus.

Setelah setengah jam dari persimpangan Bale Kambang, kami menemui persimpangan lagi yang menuju ke arah Turen dan Sendang Biru. Kami terus mengikuti petunjung jalan menuju pantai Gatra.
Akses menuju pantai, hanya bisa dilewati motor

Perjalanan menuju ke Pantai Gatra ini cukup rumit, dimana kami harus sedikit melewati pemukiman, jalan berbatu, hingga jalan kecil yang hany bisa dilewati motor. Karena jalan ke Pantai gatra dari jl. raya sendang biru ini agak kecil, maka bagi yang membawa mobil, harus parkir di gerbang pantai 3 warna lalu naik ojek menuju ke pos tiket.

MEMASUKI AREA PANTAI

Setelah sampai di pos, saya dan kakak saya membeli tiket masuk seharga 10.000 per orang (Harga Lebaran). Di Pos ini pemeriksaan barang cukup ketat, dimana barang-barang plastik akan dihitung di pos, Dan saat keluar, maka barang - barang akan diperiksa lagi, guna untuk mengurangi sampah plastik. Setelah membeli tiket, saya dan kakak saya langsung berjalan menuju ke Pantai.

Jalan setapak menuju pantai

Oh ya, sekedar info, untuk masuk ke Pantai Gatra dan Clungkup, KIta hanya dikenakan biaya tiket parkir dan tiket masuk saja. Sedangkan kalau ingin ke Pantai 3 warna yang disebut-sebut pantai paling keren, kita harus menyewa guide seharga 200.000 (harga lebaran). Dan untuk menuju ke Pantai 3 warna akan dibatasi kuota maksimal 10 orang.

TIBA DI PANTAI

Dan akhirnya saya tiba di Pantai Gatra. Pantai ini bisa dibilang agak ramai. Yahhh mau gimana lagi, saya ke sini pas libur lebaran. Pantai ini fasilitasnya tidak terlalu banyak, hanya ada beberapa gazebo, kamar mandi, dan tempat sewa padling. Harga sewa paddling di sini seharga 10.000 rupiah per jam.

Secara keseluruhan bagi saya pantai ini cukup bagus dan airnya, beniiingggg banget. Tempatnya juga enak banget buat main air karena ombaknya tidak terlalu besar. Pasir pantainya tidak terlalu halus karena banyak batu2 karang/keong.

Mas Aldy si dewa laut, LOL

Setelah di sini saya sedikit bingung mau ngapain, kalau kakak saya sih dia sudah lepas celana dan langsung nyemplung byur! Yasudah, akhirnya saya ikut ke air sambil jalan2 di air. Di pantai ini, kita tetap bisa menikmati keindahan pantai yang jernih tanpa basah2an. Mengapa?? Karena pantai ini cukup dangkal dan kita bisa ke tengah pantai sampai batas bendera. Bendera yang di tancap di tengah pantai menandakan jarak aman untuk tempat bermain. Lebih jauh dari bendera, airnya sudah cukup dalam dan berombak besar.

Jernih Banget ya airnya!

Banyak keong lucu di sini, tapi jangan dibawa pulang ya

Di pantai ini kita bisa melihat banyak ikan kecil, kepiting, keong. Bahkan saya sempat melihat ular laut di sini. Waduhh, cukup ngeri juga pas jalan-jalan di air tiba - tiba melihat ular laut. Tapi jangan khawatir, ular laut di sini tidak menyerang, asalkan kita tetap hati -hati.

Oh iya, di pantai ini juga terdapat semacam teluk kecil yang kereennn banget!! Teluk kecil ini berada di samping pantai gantra. Kalau kita menyusuri ke arah kanan, maka kita akan menemukan teluknya. Di teluk ini airnya juga dangkal, tinggi airnya hanya sebetis. Dan kalau memasuki jam 3 sore, maka airnya akan semakin surut dan menciptakan suatu daya tarik yang spektakuler.

Spot terfavorit

Sebuah surga tersembunyi

Kalau air teluknya surut, pasir dasar pantainya jadi terlihat seperti bergelombang. Dan Teluknya jadi seperti dataran pasir di tengah - tengah hutan bakau, keren banget! Pemandangan seperti ini, pasti akan susah banget dicari, dan saya sangat beruntung datang di jam yang tepat. Di teluk ini, saya menghabiskan waktu paling lama. Dan tak lupa juga dong ya harus berfoto di sini.

Pantai ini wajib banget dikunjungi jika kalian sedang berada di Malang. Keindahan pantai ini akan menjadi seasuatu yang sangat kalian rindukan. Tapi perlu diingat, tempat yang indah haruslah di jaga dan jangan pernah dikotori sekalipun. Dan jangan membawa pulang apapun seperti pasir, keong atau ikan - ikan kecil. Biarlah yang ada di sini tetap di sini.

Setelah puas bersenang - senang selama 3 jam. Waktu menunjukan pukul 16.30, saya dan kakak saya memutuskan untuk menyudahi rekreasi kami di pantai ini. Secara keseluruhan, tentunya kami sangat bahagia, puas bisa bermain di pantai ini. Dan yang saya apresiasi di sini, adalah sistem kebersihan di sini cukup bagus dan terjaga dengan baik. Kalau nanti bisa ke sini lagi, saya akan mencoba untuk ke pantai 3 warna di sebelahnya.