Sunday 30 September 2018

Pantai Teluk Asmara Kabupaten Malang, Raja Ampatnya Kabupaten Malang

Keindahan dan pesona Pantai Teluk Asmara Malang Selatan pantai terindah dan intagramable kabupaten malang
Pantai Terindah Kabupaten Malang

Pantai Teluk Asmara

Mengeksplorasi Kabupaten Malang rasanya tidak ada habisnya ya. Di kota ini apapun yang dicari wisatawan selalu ada. Biasanya saya selalu berwisata di daerah utara Kabupaten Malang, sedangkan daerah selatannya hanya beberapa kali dalam seumur hidup. Kali ini saya dan kakak saya memutuskan untuk menelusuri lebih luas daerah selatan Kabupaten Malang.

Agak sulit mencari tempat wisata di daerah selatan, karena daerahnya berupa perbukitan dengan hutan jati. Dan ujung - ujungnya kami memutuskan akan berjalan lebih ke selatan lagi hingga ke daerah pantai selatan. Melalui instagram dan mbah google, kami menemukan pantai yang cukup menarik yaitu pantai Teluk Asmara. Aihhh namanya romantis banget ya, hahaha.

Perjalanan Di Mulai

Sekitar pukul 9 pagi, saya dan kakak saya memulai perjalanan. Perjalanan kali ini kami menggunakan motor dan tentunya dengan panduan GPS. Untuk menuju Pantai Teluk Asmara, kami harus menempuh perjalanan sejauh 80 kilometer. Agak pegel juga sebenernya, naik motor matik 80 km. Tetapi walaupun pegel di sekujur kaki hingga pinggang, kami cukup terhibur dengan pemandangan alam di sepanjang jalan yang kami lalui. Dan untungnya juga jalannya jauh lebih mulus, gak seperti perjalanan ke Pantai Molang dulu yang bikin kepala kejedot -jedot di Mobil.

Sampai Di Teluk Asmara

Setelah bermotor selama 3 jam lebih dengan rasa pegel yang bukan main. Akhirnya kami sampai di Gerbang Pantai Teluk Asmara. Harga tiket masuk ke pantai adalah 10 ribu rupiah per orang. Setelah membayar tiket masuk, kita masih harus berjalan lagi ke dalam sekitar 200 meter hingga sampai ke tempat parkir. Harga parkir motor di sini adalah 5ribu rupiah, dan untuk mobil....wahh lupa saya.

Pantai Terindah di Kabupaten Malang

Kesan pertama melihat pemandangan pantai teluk asmara, pantainya cukup bagus buat saya, airnya bening dan kelihatan dasarnya. Dan di sekitar tengah pantai ada pulau - pulau karang kecil yang di hatam ombak besar menciptakan suatu pemandangan yang spektakuler. Dan kita bisa lihat pemandangan itu dari atas tebing. Pemandangannya memang keren banget, tetapi karena ini pantai yang sudah terkenal, pantainya agak rame dan sedikit terkotori oleh sampah pengunjung. Aduhh, sangat disayangkan banget ya kelakuan pengunjung yg buang sampah ini.

Pantai Teerindah Dan Terbagus Kabupaten Malang
di sini kita juga bisa memancing

Pantai Terindah Dan Terbagus Kabupaten Malang

Pantai Teluk Asmara ini bisa dibilang sudah terkenal dan fasilitasnya juga sudah sangat lengkap. Di sini fasilitasnya terdapat restoran, toko oleh - oleh, musholla dan tempat mandi yang cukup bersih. Di pantai ini kita bisa sekedar bermain air, snorkling, memancing, main voli dan bahkan kita juga bisa camping.

asiknya main air di sini

Kalau bagi saya di sini paling enak ya jelas main air, tapi kalau berenang rasanya agak susah. Karena airnya di sini dangkal hanya se betis, dasarnya berupa batu karang, dan kalau ke tengah yang sedikit dalam ombaknya terlalu besar. Seperti yang kalian tau kalau rata - rata pantai selatan Pulau Jawa agak kurang aman untuk berenang. Tapi kalau kalian menikmati pinggirannya saja sudah cukup asik kok, airnya seger beniingg banget, bisa melihat ikan - ikan kecil juga.

Setelah beberapa jam bermain air, waktu menunjukan pukul 3 siang. Dan saat itu, air laut mulai agak surut. Dan saya yang sudah puas main air, mencoba menelusuri pantai untuk mencari spot foto yang bagus. Tentu sebuah kewajiban kan, datang ke tempat yang bagus tanpa berfoto.

O iya saya baru inget kalau pantai Teluk Asmara ini letaknya bersebelahan persis dengan Pantai Gatra yang saya kunjungi kemarin (bisa dilihat di sini storynya). Dan diantara Pantai teluk asmara dan Pantai Gatra seingat saya ada muara yang cukup besar dan sepi. Maka saya memutuskan untuk berfoto - foto di sana. Semakin ditelusuri ke arah timur, pantainya lebih tenang dan lebih sepi. Dan di bagian timur pantai ini cocok banget buat berjemur, relaks dan dijadikan tempat istirahat.

Pantai Terindah, terbagus dan instagramable Malang Selatan
 spot paling instgramable

Pantai Terindah terbagus dan instagramable Malang Selatan
 Pemandangan muara sungai saat cerah, Keren ya.

pemandangan muara sungai

Saat saya tiba di muara, saya sangat takjub. Pemandangan di muara sungai kali ini jauhhh lebih menakjubkan di banding kemarin. Kali ini, airnya benar benar surut dan dasar muara yang berupa pasir bergelombang menciptakan pemandangan yang sangat mengesankan. Apalagi kali ini cuacanya cerah, warna dasar pasirnya jadi kuning keemasan. Di tempat ini saya dan kakak saya menghabiskan waktu hampir satu jam hanya untuk berfoto, karena saking bagusnya di sini.

Pantai terindah terbagus instagramable malang selatan

Pantai Teluk Asmara Saat Senja

Setelah puas bermain dan berfoto, waktu sudah menunjukan pukul 16.00. Saat itu, muara sungai dan pantai sudah kembali pasang. Saya dan kakak saya memutuskan untuk bersiap - siap pulang ke Malang supaya tidak kemalaman di jalan. Secara keseluruhan, bagi saya Pantai Teluk Asmara ini merupakan objek wisata yang cukup seru dan bagus. Dari segi fasilitas pantai ini merupakan pantai yang memiliki fasilitas paling lengkap di Kabupaten Malang. Kekurangannya bagi saya hanya pada kebersihan, mungkin itu lebih kepada ketidak peedulian pengunjungnya sendiri terhadap kebersihan.

Akses Menuju Pantai Teluk Asmara

a. Dari arah Blitar
    Jika dari arah Blitar, jalan yang paling cepat adalah melewati Kota Kepanjen. Maka, arahkan perjalanan kalian menuju Wlingi - Kepanjen. Setelah sampai di Kepanjen, lanjutkan perjalanan ke arah Gondanglegi. Setelah sampai di Gondanglegi, lanjutkan perjalanan menuju ke selatan arah Pantai Bale Kambang. Setelah sampai di Kawasan Pantai Balekambang, lanjutkan perjalanan ke arah timur menuju ke Kawasan Pantai Sendang Biru sampai menemukan gerbang Pantai Teluk Asmara. Sebenarnya dari arah Blitar ada jalan yang memiliki jarak lebih pendek yaitu melalui perbukitan jalur selatan. Tetapi jarak tempuh akan lebih lama karena kondisi jalan yang kurang bagus dan berkelok - kelok.

b. Dari arah Lumajang
    Waktu tempuh tercepat untuk menuju ke Pantai ini adalah melalui Turen. Jarak antara Turen dengan Lumajang adalah 100km. Sebenarnya ada jalan lain yang jaraknya lebih pendek yaitu melewati kedung banteng, tetapi waktu tempuhnya lebih lama karena jalannya kurang bagus dan berliku. Maka dari arah Lumajang, arahkan kendaraan anda menuju Turen. Setelah sampai ke Turen, arahkan kendaraan menuju ke selatan atau Jalan Raya Sumberagung hingga sampai di Kawasan Pantai Sendang Biru. Setelah sampai di Kawasan Pantai Sendang Biru, arahkan kendaraan menuju ke arah barat atau arah Pantai Bale Kambang hingga sampai di Gerbang Pantai Teluk Asmara.

C. Dari arah Malang
    Jika dari arah Malang, maka rute terdekat adalah melalui Turen. Dari Kota Malang, arahkan jalan menuju ke Jalan Mayjen Sungkono hingga sampai di pertigaan Raya Krebet. Setelah itu pilih jalan ke arah Turen. Setelah sampai di Turen, arahkan kendaraan menuju ke selatan arah Kawasan Pantai Sendang Biru. Setelah sampai di kawasan Sendang Biru, arahkan kendaraan menuju ke arah barat atau arah Pantai Bale Kambang hingga sampai di Gerbang Pantai Teluk Asmara.

Nahh bagaimana sahabat sekalian?? Jadi tertarik gak ke Pantai ini? Kalau kalian ada waktu dan sedang liburan panjang, yuk main ke pantai ini.