Tuesday 26 March 2019

Traveling Ke Pantai Tanjung Pesona, Salah Satu Pantai Terindah Di Bangka

pantai tanjung pesona bangak belitung pantai terindah di bangka instagramable kuliner sambil traveling

Bagi saya Pulau Bangka adalah pulau yang underated, kenapa? Pulau ini tidak sepopuler Pulau Bali dan Lombok, tetapi pesona keindahan pulau ini tak kalah jika dibandingkan dengan pulau wisata lainnya. Itu semua terbukti ketika saya berwisata ke pulau bangka selama 4 hari 3 malam pada tahun kemarin. Pada saat itu saya benar - benar menikmati Pulau Bangka yang sepi tetapi cukup indah.
AKSES MENUJU PANTAI

Nahh salah satu tempat yang menjadi tujuan wisata saya di Bangka ini adalah Pantai Tanjung Pesona. Pantai Tanjung Pesona ini letaknya ada di Kabupaten Sungai Liat. Akses dari kota Pangkal Pinang menuju ke pantai ini sebenarnya tidak sulit, tetapi tidak mudah juga. Karena untuk menuju ke Pantai ini tidak transportasi umumnya.Tetapi jika tetap ingin menggunakan transportasi umum, kalian bisa menggunakan monil colt ke Sungai Liat.

Perjalanan dari Pangkal Pinang ke Pantai ini cukup lancar, dan tidak perlu khawatir akan kena macet. Secara Pulau Bangka ini kepadatannya jauh dibawah Pulau Jawa dan Sumatera. Jara dari Pangkal Pinang ke Pantai ini adalah sekitar 40 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

TIBA DI PANTAI

Setelah sampai, kita akan melewati tempat loket masuk pantai. Untuk tiket masuknya seharga 10.000 rupiah per orang. Oh ya, karena saya di sini sekaligus menginap di Hotel Tanjung Pesona, maka saya tidak mebayar tiket masuk pantai, alias gratis untuk ke pantainya.

Saat memasuki pantainya, sayang langsung terpesona dengan keindahannya. Pantai ini  memiliki pasir putih yang lembut dengan. Desiran ombak yang tidak terlalu besar menyapa pantai dan angin semilir menbuat pantai ini terasa tentram damai. Air laut di pantai ini juga sangat jernih, dengan warna hijau kebiruan yang sedikit memperlihatkan dasarnya. Di pantai ini juga terdapat batu - batu besar yang merupakan ciri khas pantai di pulau bangka belitung, yang juga menambah eksotisme pantai ini. Bahkan saya bisa bilang kalau pantai ini lebih bagus dibandingkan pantai kuta atau pantai sanur.

Tetapi sayangnya, saat itu cuaca pantai lagi agak mendung - mendung gerimis. Anginnya juga agak kenceng, jadinya saat ituu saya hanya berfoto - foto saja dengan teman teman seperjalanan. Oh ya di pantai ini banyak sekali spot yang pas buat foto, seperti diatas batu besar, diatas dermaga, dan di sepanjang garis pantai itu sendiri merupakan spot foto yang bagus. Setelah puas berfoto dan bermain di pantai, kami kembali ke hotel dan memutuskan untuk bangun besok pagi untuk melihat sunrise.

Besok paginya saya bagi sekitar jam setengah 6. Tetapi sayangnya pagi itu cuacanya lebih parah daripada kemarennya. Malah pagi itu sudah ada tanda-tanda hujan akan turun dan petir sudah menyambar di kejauhan. Yahh sayang banget, padahal kami sudah capek - capek bangun pagi. Karena tidak ingin menyia-nyiakan waktu pagi, saya bersama teman - teman memutuskan untuk berjalan - jalan pagi sekitar pantai. Jalan - jalan di sekitar pantai ini asik banget. Kita berjalan sepanjang 2 km tidak terasa capek berkat pemandangannya yang menawan.

Keesokan paginya, alhamdulilah cuacanya cukup cerah. Walaupun sunrisenya tertutup awan di ujung laut, seenggaknya saat itu pemandangannya lebih bagus dan ombaknya cenderung lebih tenang. Dan langit saat sunrise di sini bagus banget. Saya dan teman - teman mengabadikan panorama sunrise di dermaga. Setelah mendapatkan pemandangan sunrise, saya berjalan - jalan pagi menikmati pemadangan pantai saat cerah.

BISA NGAPAIN AJA DI PANTAI INI

Di pantai ini, kita bisa melakukan banyak hal, salah satunya adalah bermain air. Yup, pantai ini cocok banget untuk tempat bermain air. Bagaimana tidak? airnya super jernih, dan ombaknya tenang. Tetapi itu hanya berlaku kalau cuacanya cerah, kalau cuaca agak mendung mau hujan, biasanya ombak air cenderung besar. Selain bermain air, para pengunjung bisa memancing di pantai ini. Pengelola pantai ini memiliki tempat untuk menyewakan alat pancing. Harga alat pancingnya sih saya kurang tau.
Selain itu kita juga bisa kulineran sambil menikmati pemandangan pantai di restoran Tanjung Pesona. Di restoran ini kita bisa menikmati aneka sajian makana khas Bangka. Dan tentunya yang tak boleh dilewatkat saat di pantai ini adalah berfoto2. Pantai ini banyak banget spot untuk tempat foto yang yang bagus, seperti di dermaga, dan di pantai itu sendiri.

Oh ya, buat saya akan lebih enak kalau kalian juga menginap di resort tanjung pesona yang ada di sebelah pantai ini. Jadinya kalian bisa bermain sepuasnya siang malam di pantai tanjung pesona ini. Harga perkamarnya cukup terjangkau kok. Berkisar antara 300 ribu hingga 2 juta rupiah perkamar.

Secara keseluruhan buat saya pantai ini merupakan tempat yang luar biasa asik untuk berwisata. Bisa dibilang pantai ini adalah salah satu pantai terbaik dari sekian pantai yang saya kunjungi. Nahh buat kalian yang berlibur ke Bangka, pantai ini wajib banget dikunjungi.