Monday 29 June 2020

Aplikasi Review Makanan Terbaik Versi Archiexfood

rekomendasi aplikasi food review pencari tempat kuliner terbaik Jakarta Selatan Jakarta Halal Murah Meriah Kuliner Cafe Restoran Terenak Di Jakarta Traveling Sambil Kulineran Makyuss

Gak dipungkiri kalau kulineran dan jajan adalah salah satu hobby yang paling di gemari oleh warga Indonesia. Termasuk saya tentunya, dan hampir setiap hari menghabiskan waktu dengan kulineran. Nahh dengan kemajuan teknologi online sekarang ini, kita semua yang hobby kulineran bisa memanfaatkan internet atau aplikasi2 di android untuk mencari tempat kuliner. Bahkan gak hanya mencari tempat kuliner aja, kita juga bisa memberikan masukan atau review untuk restoran yang baru saja kita kunjungi.


Nahh saat kulineran saya selalu memanfaatkan aplikasi - aplikasi food reviewer atau food searching untuk membantu saya mencari tempat kuliner terbaik. Beberapa aplikasi kuliner ini sangat membantu mencari tempat kuliner dengan nafigasi yang bisa disesuaikan dengan apa yang kita cari. Nahh berikut saya akan berikan daftar aplikasi kulier terbaik versi saya.

1. Pergikuliner
PergiKuliner - Tech in Asia

Pergi kuliner ini adalah aplikasi food review dan food searching yang cukup baik. Aplikasi ini ada sejak 12 januari 2015. Dan saat ini, aplikasi pergi kuliner sudah di download oleh 50 ribu lebih pengguna. Dan di dalamnya juga sudah terdapat puluhan ribu lebih restoran yang tersebar di jabodetabek. Oh ya bagi kalian yang memori hpnya sudah penuh dan gak bisa lagi download aplikasi ini, kalian masih bisa mereview dan menggunakan aplikasi pergi kuliner via dekstop.

Aplikasi pergi kuliner ini cukup mudah digunakan, dan nafigasinya cukup bagus dalam mencari restoran. Dalam membuat review di aplikasi ini juga cukup enak. Kita bisa memberikan penilaian yang cukup informatif dengan score yang lebih rinci. Dimana score penilaian restoran diberikan secara terpisah secara rasa, kenyamanan resto, kebersihan, dan harga dibanding rasa. Hemm, cukup bagus ya cara penilaiannya. Di aplikasi ini kita bener2 wajib memberikan review yang objective dengan penilaian yang rinci. Dan review yang kita berikan di sini juga wajib disertai dengan foto, sebagai bukti kalau kita benar2 pernah makan di restoran itu.

fitur voucher pergi kuliner

Fitur yang ada di Pergi Kuliner ini cuma sedikit. Mereka hanya ada fitur voucher gratis untuk penggunanya. Voucher restorannya berupa voucher potongan harga dengan transaksi minimal atau buy one get one.

Event Alfa Pergi Kuliner
Foto by @pergikuliner

Kalau kalian aktif membuat ulasan yang informatif dengan foto, kalian bisa mendapatkan apresiasi dari pihak pergikuliner. Salah satu apresiasinya adalah kalian akan mendapatkan badge "Alfa" di akun review kalian. Selain itu mereka juga akan mengundang kalian untuk makan2 gratis di restoran. Dan setahun 3 kali, mereka akan mengadakan acara food gathering besar bernama "ALFA Pergi Kuliner". Acara dihadiri oleh seluruh foodies pemegang badge "Alfa" atau food reviewer aktif. Dan tempat gatheringnya pun wow banget, misalnya mereka pernah mengadakan acara ALFA di Sailendra Restoran Hotel JW Mariott atau di Pasola Hotel Ritz Carlton. Wow banget kan yaaa, bisa makan gratis di restoran hotel bintang 5.

Sampai saat ini saya sudah menggunakan aplikasi ini dari tahun 2016. Dan baru aktif di tahun 2018, di tahun yang sama saya juga mendapatkan badge "Alfa" selama 3 tahun berturut2. Pokoknya aplikasi pergi kuliner ini oke banget dehh buat cari tempat makan atau bikin review.

Sayangnya pergi kuliner ini tidak memiliki daftar restoran2 di Kota Bogor. Padahal Kota Bogor memiliki banyak banget tempat kuliner kan yaaa. Tetapi walaupun gak ada di Bogor, pergi kuliner ini masih memiliki daftar2 restoran di kota Bandung dan Surabaya.

2. Zomato
Zomato Indonesia Careers, Job Hiring & Openings | Kalibrr

Nahh aplikasi Zomato ini tentu sudah gak asing lagi buat kalian kan yaa. Karena Zomato ini memang bisa dibilang kiblatnya penilaian restoran2 di Jabotabek. Zomato ini asalnya dari Negara India dan dibuat pada tahun 2008. Dan pada tahun 2013, aplikasi ini masuk di Indonesia tetapi masih berupa dekstop, belum berupa IOS android. Oh ya zomato ini gak cuma di india dan indonesia saja, tetapi juga di Inggris, Brazil, Sri Langka, New Zealand, Turki dan negara besar lainnya. Sehingga aplikasi zomato ini sudah di download oleh 100 juta pengguna di seluruh dunia.


Zomato ini juga cukup oke untuk membantu kita mencari restoran2. Dimana di dalamnya terdapat filter pencarian untuk membantu kita. Dalam hal memberikan score penilaian restoran mungkin gak sedetail atau serinci Pergi Kuliner. Sistem scoring restoran di sini hanya sebatas memberikan 1 sampai 5 bintang. Sedikit berbeda dengan aplikasi pergi kuliner, di sini kalian bisa memasukan review tanpa foto. Tetapi review tanpa foto biasanya kurang begitu mendapatkan apresiasi walaupun reviewnya bisa diupload.

fitur blog widget & zomato gold


Selain tempat ngereview, zomato juga menyediakan fitur penghubung blog. Jadi dengan fitur ini, para food blogger bisa menghubungkan blognya dengan zomato untuk meningkatkan traffic pengunjung. Selain fitur penghubung blog, mereka juga menyediakan fitur zomato gold. Zomato gold ini adalah semacam fitur member yang bisa mendapatkan makanan atau minuman gratis dengan syarat tertentu. Syarat menjadi anggota zomato gold selama setahun hanya dengan membayar 150 ribu rupiah.

event foodies meetup zomato

Zomato ini juga sering memberikan apresiasi untuk kalian yang aktif membuat review dengan foto makanan di aplikasi ini. Aperisasinya biasanya berupa undangan makan gratis di beberapa restoran terkemuka atau restoran yang baru buka di Jakarta. Restoran2nya juga wah banget, gue pernah diundang ke restoran fine dining jepang di sudirman, selain itu mereka juga pernah mengundang gue ke beberapa restoran hotel bintang lima di Jakarta.

Zomato ini adalah aplikasi food review yang paling lama saya gunakan. Saya gunakan aplikasi ini sejak tahun 2014. Dan saya sudah mengikuti lebih dari seratusan food tasting invitation yang mereka adakan. Kalau mau sering diundang makan oleh mereka, kalian harus aktif bikin review yang disertakan dengan foto, yaahh kalau bisa sehari bikin 1 review.
sistem review pergikuliner

Kelemahan dari aplikasi ini menurut saya adalah sistem penilaiannya yang kurang begitu objective. Seperti yang saya bilang tadi kalau sistem penilaian di restoran ini hanya berupa score bintang 1 sampai 5. Kita tidak bisa memberikan score lebih rinci seperti pergi kuliner yang scorenya dibagi menjadi 5 aspek. Tetapi secara keseluruhan, zomato ini cukup sebagai aplikasi food review atau pencari spot kuliner.

3. Recomeap
RecoMe for Android - APK Download

Recomeap adalah aplikasi food review yang bisa dibilang sangat baru. Aplikasi ini baru ada sejak pertengahan tahun 2019. Dan dalam waktu singkat, recome ini sudah didownload oleh 100 ribu lebih pengguna. Recome ini tidak hanya menyediakan platform kuliner saja. Tetapi kalian juga bisa mereview film juga di sini.


Kalau dalam mencari restoran atau tempat kuliner, aplikasi ini masih kurang begitu baik, karena belum ada filter pencarian seperti pergi kuliner atau zomato. Tetapi dalam hal apresiasi, bisa dibilang aplikasi ini paling baik. Dimana setiap kita bikin review restoran, kita akan mendapatkan poin. Dan jika ulasan yang kita buat dinilai menarik dan disertakan foto makanan yang bagus, ulasan kita akan diberikan semacam badge "ulasan pilihan". Dan tentunya poin yang kita dapatkan akan lebih banyak lagi.

 
fitur voucher & point recome

Di recome ini menyediakan fitur point dan voucher. Point tersebut didapat setiap kali kalian bikin review. Jadi semakin banyak kalian bikin review, akan semakin banyak point yang kalian kumpulkan. Dan dengan point tersebut, kalian bisa tukar dengan voucher atau barang2 menarik. Salah satu barang menarik yang bisa kalian tukar adalah I Phone X dan nitendo. 

event foodies meetup recome
foto by @duolapar

Seperti yang saya bilang tadi kalau recome ini dalam hal apresiasi untuk pengguna aktif adalah yang terbaik. Salah satu apresiasinya adalah sering mengundang para penggunanya yang aktif memberikan review untuk ikut acara makan2 gratis di restoran kece. Dan gak cuma itu, mereka suka merayakan ultah untuk salah satu penggunanya yang aktif. Gileee baik banget yaa mereka!!

Semakin sering kalian membuat ulasan menarik dengan foto yang bagus, makan kalian bisa mendapatkan gelar master dengan badge khusus. Dan semakin sering bikin review menarik lagi kalian akan mendapatkan gelar royal master dengan privilage yang lebih banyak. Saya menggunakan aplikasi ini sejak bulan agustus tahun 2019. Dan alhamdulilah saya sudah mencapai tahap royal master.

kekurangan dari aplikasi ini adalah sistem pecarian restorannya yang kurang begitu membantu. Dan kadang2 aplikasi ini suka eror secara tiba2. Selebihnya sih, aplikasi ini cukup enak untuk digunakan.

4. Traveloka Eats
Traveloka Eats Mudahkan Kamu Cari Tempat Makan Enak di Bali

Aplikasi food review terbaik berikutnya adalah Traveloka Eats. Traveloka Eats ini sebenarnya bukan aplikasi melainkan salah satu fitur yang ada di aplikasi traveloka. Jadi dengan mendownload aplikasi traveloka, kalian sudah bisa menggunakan fitur ini. Traveloka Eats ini ada sejak tahun pertengahan tahun 2018.

Dalam mencari tempat kuliner, fitur traveloka eats ini cukup membantu dengan adanya filter di sistem pencarian. Dalam hal scoring, traveloka eats ini sama seperti zomato, kita hanya bisa memberikan score 1 sampai 5 untuk keseluruhan aspek restoran. Jadi dalam hal scoring buat saya kurang begitu objective. Dan sama halnya dengan zomato, kalian bisa membuat review tanpa menyertakan foto. Tetapi tentu saja review tanpa foto akan kurang begitu mendapat apresiasi dari pihak Traveloka Eats.


Fitur yang ada di traveloka eats ini ada 2 yaitu special offer dan treats. Special offers adalah fitur untuk membeli voucher makanan dengan harga yang lebih rendah dari harga normal. Kalau untuk fitur treats, mohon maaf saya kurang begitu tau soal fitur ini. Bagi kalian yang tau tentang fitur ini mungkin bisa di jelaskan di kolom komentar.

Lajang Life: Traveloka Eats Top Contributor Program
foto by riatumimor.com

sistem review traveloka eats

Sama halnya dengan aplikasi yang di atas, Traveloka eats ini juga memberikan apresiasi kepada usernya yang aktif. Para user yang aktif akan diberikan badge "top contributor". Mereka beberapa kali mengundang para user untuk ikut acara food tasting. Selain itu, mereka juga mengadakan event tahunan yang dihadiri oleh para top kontributor.

TRaveloka eats ini jangkauan fiturnya paling luas dibandingkan dengan aplikasi yang di atas. Fitur mereka tidak hanya menjangkau kota Jabodetabek, Bandung Dan Surabaya saja. Tetapi juga ke Yogyakarta, Bali, dan Medan. Kekurangan dari fitur ini buat sama sama seperti zomato. Yaitu sistem scoring untuk restoran yang kurang begitu objektif.

Nahh itu tadi adalah aplikasi food review yang bisa jadi rekomendasi untuk. Kalau kalian para foodies memiliki hobby jajan atau kulineran, kalian bisa share pengalaman kalian di aplikasi2 di atas. Sharing pengalaman kuliner bisa memberikan manfaat untuk kalian dan foodies2 lain. Dan kalian2 yang juga ingin bisa makan gratis, kalian bisa coba gunakan aplikasi di atas. Tetapi tentunya kalian harus rutin sharing dulu yaa. Oh yaa perlu diingat, dalam membuat review, jangan pernah menjiplak review atau mencuri foto yaa.

Apa kalian punya rekomendasi fitur atau aplikasi food review selain yang di atas, di share yukk di kolom komentar.


No comments:

Post a Comment