Tuesday 23 April 2019

7 Tempat Wisata Keren Di Pulau Bangka

7 Tempat Wisata Keren Di Pulau Bangka traveling backpacker tempat instagrammable traveling sambil kulineran
 
Seperti yang saya bilang sebelumnya kalau Pulau Bangka adalah pulau yang underated, kenapa? Pulau ini tidak sepopuler Pulau Bali dan Lombok, bahkan dibanding pulau Belitung yang ada di sebelahnya. Tetapi pesona keindahan pulau ini tak kalah jika dibandingkan dengan pulau wisata lainnya. Dan pulau ini memiliki ciri khas keindahannya tersendiri. Saya selama 3 hari 3 malam telah menyaksikan keindahan yang berbeda dari pulau lainnya



Kekurangan dari Pulau Bangka ini adalah minimnya transportasi umum. Selama perjalanan mengelilingi Pulau Bangka, saya tidak melihat satupun angkot atau transportasi publik. Padahal, infrastruktur sudah cukup memadai dan jalannya pun sangat mulus. Yahh bisa dibilang pulau bangka ini gak terlalu rame seperti pulau Bali. Tetapi itu semua ada positifnya. Karena pengunjungnya tidak terlalu banyak, maka tempat - tenpat wisata di sini relatif bersih, tenang dan terasa lebih damai. Kalau tempat wisata sepi, pasti kita akan lebib leluasa buat foto kann???
Nahh kalau kalian ingin berwisata di Pulau Bangka, maka saya akan berikan rekomendasi tempat wisata keren yang ada di sini.
1. Pantai Tanjung Pesona

Nahh salah satu tempat wisata keren di Bangka ini adalah Pantai Tanjung Pesona. Pantai Tanjung Pesona ini letaknya ada di Kabupaten Sungai Liat. Akses dari kota Pangkal Pinang menuju ke pantai ini sebenarnya tidak sulit, tetapi tidak mudah juga. Karena untuk menuju ke Pantai ini tidak transportasi umumnya.Tetapi jika tetap ingin menggunakan transportasi umum, kalian bisa menggunakan monil colt ke Sungai Liat.

Pantai ini  memiliki pasir putih yang lembut dengan. Desiran ombak yang tidak terlalu besar menyapa pantai dan angin semilir menbuat pantai ini terasa tentram damai. Air laut di pantai ini juga sangat jernih, dengan warna hijau kebiruan yang sedikit memperlihatkan dasarnya. Di pantai ini juga terdapat batu - batu besar yang merupakan ciri khas pantai di pulau bangka belitung, yang juga menambah eksotisme pantai ini. Bahkan saya bisa bilang kalau pantai ini lebih bagus dibandingkan pantai kuta atau pantai sanur.
Di pantai ini kalian bisa bermain air, memancing, bersepeda mengelilingi pantai, bermain voli, melihat sunrise, dan tentunya adalah berfoto. Untuk lengkapnya kalian bisa check blog ini .
2. Pantai Batu Dinding

Pantai Batu dinding ini letaknya gak jauh dari Kota Belinyu. Jarak dari Kota Belinyu ke pantai ini hany sekitar 4km. Tetapi untuk menuju ke pantai ini kita harus menggunakan kendaraan pribadi, mengingat Pulau Bangka yang masih agak minim dengan transportasi umumnya.

Ketika masuk ke kawasan pantai, kalian akan langsung terpesona dengan keindahan pemandangannya. Nah, tetapi pantai ini gak seperti pantai pada umumnya. Pantai ini seperti pantai privat yang berada di belakang rumah. Di Pantai ini terdapat batu yang besar banget. Konon, katanya batu ini adalah batu terbesar di Pulau Bangka. Batu granit ini memiliki tinggi 23 meter, lebar 17 meter dan tebalnya 6 meter. Selain itu sebelah batu besar ada batu pari. Dinamakan batu pari karena bentuknya mirip dengan ikan pari.

Di pantai ini kalian bisa main air dengan puas, karena airnya jernih dan ombaknya kecil. Dan tentunya kalian wajib berfoto di tempat ini, karena tempatnya instagrammable banget. Untuk info lengkap tentang tempat wisata ini, bisa check di blog ini.
3. Jembatan Emas
  
Jembatan Emas ini mungkin sebenarnya bukan tempat wisata. Tetapi bagi saya Jembatan emas ini spektakuler banget. Jembatan yang membentang di atas Sungai Pangkal Balam dengan panjang 785 meter dan lebar 23 meter ini terlihat begitu kokoh dan megah. Yang paling menarik adalah saat tengahnya bisa diangkat begitu kapal angkut lewat. Indonesia khususnya Bangka Belitung harus bangga punya jembatan yang hebat seperti ini.

Jembatan seperti ini di Indonesia mungkin cuma ada di Bangka. Nahh kalau ke Pulau Bangka, cobalah untuk jalan - jalan lewat jembatan ini. Di jamin akan terkesima dengan kemegahannya, apalagi saat tengahnya terangkat.

4. Pagoda Vihara Puri Tri Agung


Pagoda Vihara Puri Tri Agung ini letaknya gak jauh dari Tanjung Pesona, hanya sekitar5 km. Bagi saya ini adalah salah satu bangunan terindah yang pernah saya lihat. Lokasinya Pun Juga Keren banget, di atas bukit dekat laut.
Vihara Puri Tri Agung Yang Menghadap Ke Laut
Pagoda Vihara Puri Tri Agung ini merupakan tempat wisata religi atau tempat ibadah. Walaupun berupa rumah ibadat, namun siapapun diperbolehkan datang untuk mengenal ragam wisata religi yang ada di Pulau Bangka. Di tempat ini kita juga bisa berfoto atau selfie. Oh ya, tempat ini juga merupakan tempat yang sangat pas untuk melihat sunrise, karena tempat ini tepat menghadap ke arah timur. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tidak dipungyt biaya alias gratis. Tetapi Yang perlu diingat kalian harus menjaga sopan santun dan kebersihan di tempat ini.
5. Danau Kaolin Air Bara

Danau kaolin di Pulau Bangka ini adalah salah satu destinasi wisata yang cukup menarik. Daratannya putih bersih dan airnya ada yang berwarna hijau, biru dan hijau tua. Danau kaolin ini letaknya ada di Kabupaten Bangka Tengah yang jarak perjalanannya sekitar 50km dari Kota Pangkal Pinang.


Danau kaolin ini instagrammable banget, danaunya berwarna biru dan hijau dengan daratan pinggirannya yang berwarna Putih. Di sini kalian hanya bisa berfoto sambil menikmati pemandangannya. Untuk masuknya akhir tahun kemaren masih belum dipungut biaya, saya tidak tahu kalau sekarang.

6. Pantai Penyusuk


Pantai Penyusuk letaknya sekitar 10km dari pantai batu dinding. Pantai penyusuk ini letaknya benar2 di paling utara Bangka. Untuk masuknya akan dikenakan biaya sekitar 3000 rupiah. Dekat pantai ini ada Pulau Putri, dan kita bisa menyebrangnya dengan boat seharga 25 ribu rupiah per orang.



 Pulau Putri

Pantai ini juga salah satu pantai yang paling bagus di Pulau Bangka. Pantai ini pasirnya halus, landai, airnya jernih dan ombaknya kecil. Jadi ombak ini cocok banget buat tempat main air. Pantai ini juga ada anyak batu - batu granit besar yang merupakan ciri khas tersendiri dari pantai di Bangka. Oh ya di sini kalian juga bisa naik perahu untuk main ke pulau putri. Harga perorangnya untuk naik perahu adalah 25 ribu.
7. Kelenteng Dewi Laut

Kelenteng Dewi Laut letaknya gak jauh dari Kota Pangkal Pinang. Hanya berjarak sekitar 10 km dari kota pangkal pinang. Vihara cantik ini dulu pernah dipakai tempat nikahnya Sandra Dewi, dan merupakan salah satu onjek wisata religi di Pulau Bangka.

berfoto di depan patung shio

Kelenteng Dewi Laut ini selain bangunannya indah, lokasinya juga keren banget. Kelenteng ini letaknya persis menghadap ke laut. Kalau wisata ke Bangka, jangan lupa ke sini, tetapi jaga sopan santun yaa di tempat ibadah. Oh ya, di kelenteng ini ada patung berbentuk binatang shio lohh. Di sini kalian bisa berfoto di depan patung shio kalian masing2.

Nahh itu tadi adalah rekomendasi saya untuk tempat wisata yang keren di Pulau Bangka. Nahh bagaimana dengan kalian? Tertarik untuk ke Bangka? Atau kalau kalian punya rekomendasi tempat bagus yang lain di Bangka, bisa ditulis di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment